Building Character – Building Skill – Building Life

PERHATIAN DAN BERKAS YANG HARUS DILENGKAPI

OLEH CALON PENERIMA BEASISWA SFMAIF

 

  1. Surat keterangan kurang mampu, atau keterangan tidak mampu, dari Kepala Desa atau Lurah setempat yang menerangkan bahwa yang bersangkutan perlu dukungan bantuan dana untuk kuliah di perguruan tinggi negeri. Surat keterangan tersebut dibuat rangkap tiga distempel asli. Bagi peserta yang belum melampirkan fotokopi rekening listrik dan PBB tiga bulan terakhir agar melengkapinya, jika tidak memiliki salah satu atau keduanya agar melampirkan SURAT KETERANGAN dari LURAH yang menyatakan tidak memiliki rekening listrik atau PBB atau sedang dalam pengurusan.
  2. Bagi peserta yang belum melampirkan fotokopi Kartu Tanda Pelajar agar delampirkan rangkap tiga dileges sekolah. Bagi yang tidak memilikinya agar melampirkan Surat Keterangan Kartu Tanda Pelajar dari kepala sekolah rangkap tiga.
  3. Fotokopi raport semester 1 sd semester 3 rangkap tiga dan masing-masing dilegalisir oleh kepala sekolah.
  4. Pas foto berwarna dalam sebuah CD (softcopi), berkapasitas panjang x lebar foto adalah antara 400 x 600 pixel.Besar Pas foto dalam byte, maksimal adalah 2 MB. (Sangat disarankan agar siswa yang bersangkutan membawa catatan ini dan diserahkan ke fotografer tempat berfoto). Ditulis Nama Lengkap, Nomor Induk Siswa Nasional dan Asal Sekolah di CD/SAMPUL CD tersebut.
  5. Berkas tersebut (No.1 – No.4) agar segera dikirim secara kolektif (BUKAN PERORANGAN) melalui kepala sekolah ke panitia paling lambat 2 minggu sesudah pengumuman ini, lewat dari jadwal tersebut maka peserta dianggap mengundurkan diri.
  6. Pengambilan kartu peserta Ujian Tulis SNMPTN dilaksanakan pada: (langsung diambil oleh siswa yang bersangkutan, tidak bisa diwakilkan oleh siapapun):

Hari / Tanggal                    :

Tempat                             :

Pukul                     :

  1. Jadwal pengambilan kartu peserta ujian SNMPTN tiap sekolah berbeda, diwajibkan datang sesuai dengan jadwal diatas karena jadwal untuk sekolah anda adalah seperti diatas. Jangan datang telat karena tidak akan dilayani, jangan pula datang terlalu capat juga tidak akan dilayani.
  2. Peserta diwajibkan membawa IJAZAH ASLI SD-SMP-SMA dan FOTOKOPI IZASAH SMA yang dilegalisir kepala sekolah pada saat pengambilan kartu SNMPTN.
  3. Bagi peserta diatas jika ada yang mengikuti dan lulus di program beasiswa atau seleksi beasiswa lainnya yang diselenggarakan oleh lembaga lain agar segera mengkomunikasikannya dengan panitia paling lambat 1 minggu setelah pengumuman ini (tidak boleh menerima beasiswa dari dua buah lembaga secara bersamaan), kecuali beasiswa dari bupati/Walikota/Pemda setempat boleh diterima peserta walaupun lulus pada program beasiswa ini.. Kemudian jika peserta di atas ada yang lulus melalui Jalur Undangan/PMDK/PMP/PBUD/Sejenisnya di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) secara otomatis GUGUR sebagai calon peserta SFMAIF. Beasiswa SFMAIF hanya diberikan bagi peserta yang lulus melalui Ujian Tulis SNMPTN.
  4. Terhitung sejak pengumuman ini, semua peserta di atas TIDAK DIIZINKAN mengikuti program beasiswa lainnya (kecuali beasiswa dari Bupati/Walikota/Pemda setempat jika ada) dan TIDAK DIIZINKAN mengikuti jenis seleksi masuk perguruan tinggi negeri lainnya selain yang telah ditetapkan oleh AIF. Peserta secara otomatis gugur sebagai calon penerima SFMAIF apabila melanggar hal tersebut.
  5. Disarankan agar semua peserta diatas belajar dengan sungguh-sungguh mempelajari soal-soal SNMPTN 10 tahun terakhir, atau jika memungkinkan diharapkan mengikuti Bimbingan Test/Bimbingan Belajar program INTENSIVE SNMPTN yang diselenggarakan oleh banyak Bimbingan Belajar. Hal ini akan sangat membantu peserta untuk menguasai materi yang akan diujiankan di SNMPTN. Adapun materi yang diujikan pada Ujian Tulis SNMPTN 2012 adalah sebagai berikut:

a. Tes Potensi Akademik (TPA)

b. Tes Bidang Studi (TBS) Prediktif:

i. Tes Bidang Studi Dasar terdiri atas mata ujian Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan     Bahasa Inggris

ii. Tes Bidang Studi IPA terdiri atas mata ujian Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.

iii. Tes Bidang Studi IPS terdiri atas mata ujian Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

  1. Apabila peserta lulus SNMPTN maka yang bersangkutan dan salah satu dari kedua orang tua/wali siswa diwajibkan datang wawancara ke kantor Asia International Foundation (AIF) untuk menandatangani kontrak beasiswa (jadwal wawancara akan diberitahu via telepon).
  2. Pihak AIF berhak MENGGUGURKAN seluruh peserta di atas dari STATUS KELULUSANNYA SEBAGAI CALON PENERIMA BEASISWA SFMAIF tanpa mengkoordinasikan ALASAN dan SEBAB kepada pihak sekolah dan yang bersangkutan. Misalnya: pihak AIF menemukan data palsu yang dibuat pihak sekolah atau siswa yang bersangkutan.
  3. Pihak AIF tidak bertanggung jawab kepada calon penerima beasiswa apabila donatur atau lembaga donor atau Perguruan Tinggi Negeri yang dituju membatalkan pemberian beasiswa secara sepihak. Misalnya, donatur atau lembaga donor melakukan survey langsung ke tempat tinggal mahasiswa dan di dapati data yang sangat berbeda, di drop out (DO), dibatalkan universitas status kelulusannya atau hal lainnya.
  4. Beasiswa secara otomatis akan dihentikan oleh donatur atau lembaga donor apabila di tengah perjalanan mahasiswa bermasalah hukum dengan AIF.

PERUBAHAN PENAMBAHAN NILAI BESARAN BEASISWA SFMAIF

 

Berdasarkan hasil keputusan President AIF mengenai PENAMBAHAN JUMLAH NILAI BESARAN beasiswa SFMAIF, dengan ini diumumkan bahwa cakupan beasiswa SFMAIF adalah sebagai berikut:

  1. Fasilitasi Biaya Formulir Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012/1013
  2. Fasilitasi Biaya Kuliah Pertama Masuk (SPP, DKA, Perpustakaan dan Informasi, dan lainnya yang berhubungan dengan biaya awal masuk PTN), besarnya disesuaikan dengan jurusan yang dimasuki.
  3. Fasilitasi Biaya Kuliah/SPP selama pendidikan, besarnya disesuaikan dengan jurusan masing-masing.
  4. Fasilitasi Bantuan biaya hidup diberikan sebesar 65 % (Rp.1.500.000 – Rp.4.000.000 / semester, bertambah dari ketentuan sebelumnya)  dari total beasiswa yang diberikan oleh donatur/lembaga donor persemester (diberikan mulai dari antara bulan Desember – Januari untuk semester ganjil dan antara bulan Juni –Juli untuk semester genap) sedangkan sebesar 35% dari total beasiswa yang diberikan oleh donatur/lembaga donor persemester dikelola oleh AIF.
  5. Bagi peserta diatas yang TIDAK LULUS melalui Jalur Ujian Tulis SNMPTN 2012 diwajibkan mengikuti Ujian Masuk Bersama (UMB)/Ujian Mandiri PTN di USU dimana BIAYA FORMULIR UMB/Ujian Mandiri DIBERIKAN SECARA GRATIS (Direncanakan akan tetap difasilitasi Oleh AIF – untuk KEPASTIAN point ini akan diberitau kepada peserta setelah PENGUMUMAN SNMPTN Ujian tulis)
  6. Pada saat memulai perkuliahan bulan pertama di PTN, sebelum beasiswa diberikan, pihak donatur/lembaga donor dan PTN tempat calon mahasiswa yang bersangkutan kuliah akan melakukan interview, verivikasi data, dan survey langsung ke tempat tinggal calon mahasiswa. Yang bersangkutan akan ditetapkan sebagai penerima beasiswa apabila dinyatakan layak oleh pihak AIF dan donatur/lembaga donor.
  7. Apabila peserta diatas TELAH DITETAPKAN DAN MENERIMA BEASISWA mengundurkan diri ditengah perjalanan perkuliahan atau melanggar ketentuan yang telah disepakati pada saat perkuliahan, maka yang bersangkutan diwajibkan mengembalikan dana tunai beasiswa yang pernah diterima ditambah dengan biaya konpensasi dan atau proses hukum di pengadilan sesuai dengan Nota Kesepakatan dan Perjanjian yang akan ditandatangani oleh peserta dengan pihak AIF pada saat pengambilan kartu SNMPTN.
  8. Terhitung sejak diterimanya peserta di Perguruan Tinggi Negeri, peserta diwajibkan menerapkan pola hidup sederhana, TIDAK DIIZINKAN MENGGUNAKAN/MEMILIKI  HANDPHONE (HP) yang MEWAH (Harga Rp. 600.000 ke atas) dan MEDIA FACEBOOK/TWITER.
  9. Sedangkan cakupan dan kewajiban lainnya tidak ada perubahan dari yang dinyatakan sebelumnya di FORMULIR 1 yang telah ditandatangani oleh yang bersangkutan bermaterai Rp.6.000.

Comments on: "PENGUMUMAN HASIL SELEKSI BERKAS SFMAIF" (4)

  1. ayu Ms Gultom said:

    saya ayu ms gultom dari sma n 1 pollung kabupaten humbang hasundutan prov.sumut… saya mau tanya pak.,.
    aif itu beasiswa untuk yang kurang mampu atau untuk yang berprestasi pak ???
    ???? trus pengumuman yang lulus, di internet kok gak ada dari skolah kami pak ??
    demikian pertanyaan saya atas perhatian bapak saya ucapkan trimakasih…

  2. Agnes Lusiana Purba said:

    Panitia SFMAIF, saya Agnes Lusiana Purba dari SMA N 1 Doloksanggul ingin bertanya:
    saya sudah lulus ditahap mengirimkan berkas . jika saya punya rencana untuk membatalkan semuanya
    apakah bisa ??

    UMB yang diselenggarakan di USU itu kedua pilihan jurusannya harus yang berada di Universitas yang ditentukan ??
    Terima Kasih..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: